Wapres RI Akan Bertemu Calon Penguasa China

Di pengujung kunjungan kerjanya di China, Wakil Presiden Boediono, Rabu (20/10/2010) sore waktu setempat, akan bertemu dengan Wakil Presiden China, Xi Jinping, yang disebut-sebut bakal menjadi penguasa China, pengganti Presiden China, Hu Jintao.

Pertemuan dalam bentuk jamuan makan malam itu diselenggarakan Xi Jinping untuk menghormati mitranya, Wakil Presiden Boediono. Acara diselenggarakan di di Great Hall People’s, pusat pemerintahan China di ibu kota Beijing.

Sebelum acara itu dimulai, kedua pemimpin yang penduduknya mencapai 1,5 miliar itu menyaksikan tiga perjanjian mengenai perluasan hubungan kerja sama perdagangan dan ekonomi, perjanjian Bank Ekspor Indonesia dengan Bank Commersial China dan perjanjian mengenai pembangunan infrastruktur.

Xi Jinping saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua Komisi Militer Pusat, yang menguasai dua pertiga Tentara Pembebasan China.

Dalam agenda yang diterima Kompas, pagi ini Wakil Presiden Boediono, selain akan bertemu dengan Xi Jinping, Boediono juga akan diterima Perdana Menteri China, Wen Jiabao, serta bertatap muka dengan masyarakat Indonesia di Wisma Duta Beijing.

Wakil Presiden dan rombongan lainnya sebelumnya terbang meninggalkan Nanning menuju Beijing, dengan transit di Wuhan, pagi ini. Di Nanning, Wakil Presiden membuka China-ASEAN Expo dan menghadiri pertemuan bisnis dan investasi ASEAN-China serta berdialog dengan para pemimpin usaha di China.

Iklan