" OJO NEKO-NEKO, OJO LENO, OJO NAKAL "

—- Create By : Santri ne —- Since 8 Juli 2010

Sang Guru (1)

SANG GURU (1)

by Bu Wiwik on Tuesday, August 2, 2011 at 2:04am
 
 

aku mengenal sosoknya melalui proses yang panjang. tahun 87 aku mendengar namanya disebut oleh seorang muridku di madrasah aliyah sebagai pemuda yg pemberani melawan kemasiatan. tahun 90an aku mendengar cerita tentangnya dari bapak dan kakakku almarhum. bapak menghadiri undangan ulang tahun pondoknya lalu bercerita dengan decak kagum. “sebenarnya dia itu orang apa ya? kok dia bisa mengundang pak tri sutrisno segala… belum lagi suguhannya bagus bgt, sptsuguhan  hotel di jakarta. meja makannya, piringnya bahkan makanannya juga…….”  aku tidak memberi respon apapun atas cerita itu. tahun 95 setelah aku pindah kerja dari madrasah aliyah ke kantor kabupaten pernah 3 kali ditegur oleh pria yang sama saat pulang kerja. biasanya dia berdiri di bawah pohon sawo yang rindang di halaman kantor.  dengan bahasa jawa yg halus dia mengucapkan salam padaku. ” assalaamu’alaikum bu nyai”….. atau ” Kondur bu nyai…..”. lalu aku menjawabnya dng sekedarnya sambil mengangguk dan tersenyum. sebenarnya aku risih dengan panggilan “nyai” yang dia ucapkan tapi krn belum kenal maka kubiarkan panggilan itu terdengar. ketika sampai pada kali ketiga aku penasaran dan bertanya kpd teman se kantor… ternyata dia adalah sang guru yg namanya sdh lama kukenal.

th 96 di kantin kantor aku menyeruput kopi panas sambil makan ubi goreng pada jam istirahat.  entah lewat mana dia sdh duduk beberapa meter di sisiku dan berbaur dengan teman2 yg lain. dia tnya padaku dengan bhs jawa yg artinya, ” bu wiwik apa pengin jadi anggota dewan dari golkar?”…… aku yg tdk menduga ada pertanyaan itu langsung menjawab ” saya kok jadi anggoya dewan….. doakan saja khusnul khotimah…”. ” wah, kalau yg itu kelas berat….” – ” yaa, justru yg berat itu sy minta didoakan…. kalau yg ringan biar sy cari sendiri…..”  obrolan singkat itu lalu terlupakan.

beberapa tahun kemudian aku sering mengunjungi pondoknya karena dia mendirikan TK Islam dan Madrasah Ibtidaiyah yg menjadi tanggung jawabku di kantor.

th 2002, di hari sabtu aku pengin keluar rumah tapi belum tahu mau ke mana. dengan pertimbangan akan melihat kegiatan madrasah, aku menuju pondoknya. dia ada di teras masjid sedang memberi komando beberapa santri yang sedang melakukan sesuatu. di dalam masjid aku melihat beberapa wanita duduk berkeliling dan menyimak bacaan Qur’an. “ada acara apa itu pak kyai?”….. ” semaan Qur’an….. kalau bu wiwik mau, tak bantu ngadakan acara semaan Qur’an keliling ke madrasah di kabupaten sragen. malamnya tak panggilkan mubaligh utk pengajian akbar….. wah, aku langsung antusias dan semangat menerima tawarannya. ” baik pak kyai, kebetulan hari senin ada rapat kepala MI nanti kita bahas”……

bulan mei tahun 2002 mulailah semaan Qur’an keliling dari satu MI ke MI lainnya setiap bulan sekali. atau tepatnya tiap 5 minggu sekali. jadwalnya minggu paing. hingga sekarang semaan masih berlanjut. hanya saja tidak lagi berkeliling ke MI sepertisemula melainkan menetap di madrasah aliyah karena dari kantor kabupaten aku dikembalikan ke madrasah aliyah sebagai kepala madrasah.

Filed under: 6. Semua Arsip

5 Responses

  1. Ada 2 nama Rohmat Basuki. Ini alamat yang benar

  2. Isi tulisan Bu Wiwik tidak mengada-ada. Namun, tata bahasanya perlu diedit.

  3. Isi tulisan Bu Wiwik ini bicara apa adanya. Namun, tata bahasanya perlu diedit lagi.

Tulis Komentar Anda

Kalender Hijriah

Alih Bahasa / Translate

.

support by Google Translate

Daftar Isi

Status Pengunjung Blog

  • 58,261 Pengunjung
free counters

MASUKKAN ALAMAT EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN BLOG INI DAN MENERIMA PEMBERITAHUAN TULISAN / ARTIKEL TERBARU MELALUI EMAIL

Join 13 other followers

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

